Jenis Pengujian Mesin UTM Part 2

Pada artikel sebelumnya kami sudah menuliskan artikel tentang beberapa jenis pengujian mesin UTM, berikut ini lanjutan beberapa jenis pengujian yang mampu digunakan dengan mesin UTM di antaranya :

6. Puncture test
Pengujian ini dilakukan dengan cara menempatkan sampel pada bagian bawah dari alat area pengujian berbentuk lingkaran tersebut diamankan dengan parameter agar tetap berlubang. Kemudian menggunakan probe yang berbentuk runcing yang akan bergerak kebawah hingga probe menusuk bahan pengujian. Hasil dari pengujian ini akan dihitung dalam bentuk gaya maksimum yang dibutuhkan untuk menusuk material.

7. 3 point bending Test
Pengujian
bending dilakukan dalam metode uji tekan, material akan ditahan menggunakan 2 penyangga pada kedua ujungnya, setelah itu plugger akan menerapkan gaya tekanan pada bagian tengah dari material hingga material mengalami kerusakan. Hasil akhir dari pengujian ini akan dihitung dalam bentuk modulus elastisitas.

Jenis Pengujian Mesin UTM Part 2

8. Co-efficient of Friction Test
Uji gesakan ini dilakukan untuk menentukan kehalusan pada 2 material dengan cara menggeser salah satu bahan menuju ke bahan lainnya. Hasil pengujian yang akan diamati adalah koefisien dari gaya statis (gaya awal) serta koefisien gesekan kinetic.


9. Spring Test

Pengujian ini dilakukan pada sebuah pegas dalam metode uji tegang dan tekan, tergantung pada pengaplikasian pada pegas dalam metode tekan, pegas akan ditaruh diantara 2 pelat hingga titik kompresi hingga mencapai titik kompresi yang sudah ditentukan. Ada 2 hasil pengukuran pada metode ini yakni :
- Beban/gaya pada titik tekan yang sudah ditentukan
- Laju dari pegas atau beban per millimeter

Di dalam metode ketegangan, pegas akan ditempatkan pada sebuah kait yang akan menarik pegas hingga mencapai batas tegangan yang sudah ditentukan. Hasil akhir dari pengukuran akan diamati pada bagian seberapa batasan pegas menahan tegangan yang diberikan.

10. Food Texture Analysis
Di dalam industri makanan, mesin UTM akan digunakan sebagai mesin analisa tekstur pada makanan, tentu dengan beberapa penyesuaian yang diberikan pada alat. Pada pengujian makanan, sejauh ini tidak ada standar yang diberikan karena setiap makanan yang dibuat memiliki tektur, bahan dan rasa yang berbeda beda. Jadi setiap perusahaan akan membuat standar mereka sendiri yang hanya dapat diterapkan di dalam restoran atau pabrik mereka. Untuk perlengkapan mesin UTM pada metode ini digunakan berbagai macam perlengkapan seperti pisau, probe yang berbentuk seperti bola, probe silinder dan probe kerucut yang mana beberapa perlengkapan tersebut juga tersedia dalam berbagai macam diameter.

 

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »