Fungsi Mesin Uji Tarik UTM

Universal Testing Machine (UTM) adalah sebuah alat uji untuk mengetahu nilai tegangan tarik dan niali kekuatan tekan material. Karena sebuah kualitas produk tidak bisa diproduksi dengan mengandalkan perkiraan saja. Hal ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan nama baik brand produsen apabila di kemudian hari ditemukan cacat produksi.

Universal Testing Machine merupakan sebuah alat uji yang telah terbukti dapat melakukan uji tarik dengan jumlah yang standar dan tes kompresi pada bahan, komponen, dan struktur. Dengan demikian UTM adalah alat uji yang sangat tepat untuk mengetahui tingkat kualitas pada material. UTM akan memberikan informasi seberapa besar pengukuran terhadap material agar memenuhi standar. Sehingga produk yang  diproduksi  dapat tercapai dengan sempurna tanpa cacat produksi.

 

Fungsi Mesin Uji Tarik UTM

Banyak jenis benda yang dapat diuji oleh UTM. Antara lain dapat menguji  material logam, plastik, kayu, kawat, baja kertas dan material lainnya. Adapun Kapsitas UTM yang digunakan adalah 5 kN, 100 kN, dan 1000 kN. Parameter yang dihasilkan dari nmesin Universal Testing Machine baik untuk uji tarik maupun uji tekan berupa modulus elastisitas (modulus Young), kuat luluh (yield strength), kuat maximum tekan/tarik (ultimate strength), kuat putus (break strength), regangan luluh (yield strain), regangan di titik maksimum tekan/tarik (ultimate strain), regangan putus (break strain/ % elongation at break).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »