Alat Ukur Elektrostatis



Alat ukur elektrostatis merupakan alat ukur yang mempergunakan gaya elektrostatis yaitu gaya tarik antara muatan listrik yang didapatkan dari interaksi antara dua buah elektroda yang masing-masing mempunyai potensial yang berbeda. Alat ukur elektrostatis banyak diaplikasikan sebagai alat ukur tegangan (voltmeter) pada rangkaian yang dialiri arus listrik bolak-balik atau pun searah. 

Alat Ukur Elektrostatis

Pada dasarnya kerja alat ukur ini adalah gaya tarik antara muatan-muatan listrik dari 2 buah pelat yang memiliki nilai tegangan yang tetap. Gaya ini akan menimbulkan momen penyimpangan. Jika perbedaan potensial kecil maka gaya gaya yang dihasilkan juga kecil. Mekanisme dari alat ukur elektrostatis hampir sama dengan sebuah kapasitor variabel, yang akan bekerja apabila dirangkai dengan 2 buah benda yang memiliki muatan listrik.



Alat ukur elektrostatis ini merupakan alat ukur searah dan arus bolak balik. Dalam keadaan arus searah, simpangan atau sudut putar jarum penunjuk tergantung kepada kudaran dari tegangan yang di ukur, sedangkan pada keadaan bolak balik, sudut putar jarum penunjuk tergantung pada harga efektif dari tegangan yang di ukur. Pada arus searah, mula mula arus pengisi mengalir yang kemudian sesudahnya arus hampir hanpir tidak mengalir. Pada arus blak balik arus pengisi akan terus mengalir di antara elektroda elektroda.

Artikel Terkait : Prinsip Kerja Alat Ukur Gejala Medan Listrik
Artikel Terkait : Alat Ukur Gejala Medan Listrik
Artikel Terkait : Elektrostatis Adalah


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »