Manfaat UTM untuk Industri

Manfaat UTM untuk industri Manufaktur adalah industri yang kegiatan utamanya adalah mengubah bahan baku atau bagian lainnya menjadi barang yang memenuhi standar spesifikasi. Industri manufaktur pada umumnya mampu memproduksi dalam skala besar. Setiap industri yang menggunakan logam sebagai salah satu bahan dasar produksi harus memperhitungkan beberapa sifat dan jenis logam. Dalam proses produksi jenis logam dan sifat logam sangat berpengaruh terhadap jenis produk apa yang akan dihasilkan dan kegunaan produk yang dihasilkan sehingga produk yang dihasilkan dapat memenuhi target.

UTM yaitu pengujian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang sifat-sifat dan keadaan dari suatu logam. Pengujian tarik dilakukan dengan penambahan beban secara perlahan-lahan, kemudian akan terjadi pertambahan panjang yang sebanding dengan gaya yang bekerja.

Manfaat Uji Tarik untuk Industri

Kesebandingan ini terus berlanjut sampai bahan titik propotionality limit. Setelah itu pertambahan panjang yang terjadi sebagai akibat penambahan beban tidak lagi berbanding lurus, pertambahan beban yang sama akan menghasilkan penambahan panjang yang lebih besar dan suatu saat terjadi penambahan panjang tanpa ada penambahan beban, batang uji bertambah panjang dengan sendirinya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »