Elektrostatis Adalah


Elektrostatis adalah suatu muatan listik pada permukaan benda yang terjadi karena ketidak seimbangan jumlah elektron (bermuatan negatif) terhadap proton (bermuatan positif). Jika kelebihan elektron, dapat di katakan benda tersebut bermuatan negatif. jika terjadi sebaliknya, maka benda tersebut bermuatan positif. Benda yang bermuatan sejenis atau mempunyai polaritas muatan yang sama (positif dengan positif, atau negatif dengan negatif) akan tolak-menolak, sedangkan benda –benda yang berbeda muatan (positif dengan negatif) akan saling tarik menarik. Jika jumlah elektron = proton, maka dikatakan bahwa benda tersebut adalah netral atau ‘tidak bermuatan’ kalau muatan listrik itu “diam” dipermukaan suatu benda, maka dikatakan bahwa benda tersebut bermuatan listrik static (Hukum Coulomb).

Fenomena elektrostatik sudah di kenal manusia sejak dulu karena mudah ditemukan di alam sekitar. Contoh eksperimen sederhana yang pernah di ajarkan pada bangku sekolah, sisir plastik yang digosok dengan kain, lalu di dekatkan dekat lengan, akan menarik rambut-rambut di kulit lengan, atau jika didekatkan ke sobekan-sobekan kertas diatas meja maka sisir plastik akan menarik sobekan-sobekan kertas tersebut. Syaratnya : sisir dan kainnya mesti kering. Jika basah, tak cukup banyak muatan listrik yang dihasilkan.

Elektrostatik Adalah

Cara mudah menimbulkan muatan listrik statik, seperti eksperimen sederhana diatas, adalah dengan menggosok atau menggesek permukaan suatu benda dengan benda lain. Cara ini dikenal dengan nama triboelectric charging (pemberian muatan secara triboelektrik). Besar dan jenis muatan yang ditimbulkan tergantung pada banyak hal : jenis benda, kelembaban udara, luas permukaan kontak, kecepatan dan tekanan pada saat bergesekan dan pemisahan. Makin luas permukaan kontak, maka makin tinggi muatan statik yang dihasilkan. Untuk benda padat, kita bisa mem-prediksi jenis muatan yang dihasilkan dari deret triboelektrik

Keberadaan muatan listrik statik dapat diketahui dengan mudah, yaitu dengan menggunakan alat pengukur electrostatic field meter, Jika anda membutuhkan electrostatic field meter  silahkan untuk menghubungi kami.

Artikel Terkait : Alat Ukur Medan Listrik (Electrostatic Field Meter)
Artikel Terkait : Alat Ukur Elektrostatis 
Artikel Terkait : Prinsip Kerja Alat Ukur Medan Listrik (Electrostatic Field Meter)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »