Standar Ukuran Ayakan

Sebelum melakukan pengukuran material dengan metode pengayakan tentukan terlebih dahulu standar ukuran ayakan, setiap produk memungkinkan memiliki standar ukuran ayakan berbeda untuk mendapatkan ukuran (nilai) yang seragam pada produknya. Ukuran yang digunakan bisa dinyatakan dengan mesh maupun satuan mm. Yang dimaksud mesh adalah jumlah lubang yang terdapat dalam satu inchi persegi (square inch), sementara jika dinyatakan dalam mm maka angka yang ditunjukkan merupakan besar material yang diayak. Perbandingan antara luas lubang bukaan dengan luas permukaan ayakan disebut presentase opening. Pelolosan material dalam ayakan dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu :  
1. Ukuran material yang sesuai dengan lubang ayakan.
2. Ukuran rata-rata material yang menembus lubang ayakan.
3. Sudut yang dibentuk oleh gaya pukulan partikel.
4. Komposisi air dalam material yang akan diayak.
5. Letak perlapisan material pada permukaan sebelum diayak.
Dalam pengayakan bahan melalui ayakan seri (sieve shaker) yang mempunyai ukuran lubang ayakan semakin kecil. Setiap pemisahan berdasarkan ukuran diperlukan pengayakan. Ayakan mampu mengukur partikel dari 76 mm sampai dengan 38 µm. Operasi pengayakan dilakukan dengan melewatkan material pada suatu permukaan yang banyak lubang atau opening dengan ukuran yang sesuai. Dari hasil pengayakan akan didapatkan 2 fraksi yaitu yaitu fraksi oversize dan fraksi undersize. Fraksi oversize adalah padatan yang tertahan diatas ayakan akibat diameter partikel padatan lebih besar daripada diameter lubang yang ada  pada ayakan. Fraksi undersize adalah padatan yang berhasil lolos dari ayakan karena diameter partikel padatan lebih kecil daripada diameter lubang yang ada pada ayakan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
standar ukuran ayakan
Jika ayakan lebih dari 2 ayakan yang berbeda ukuran lubangnya, maka akan diperoleh fraksi-fraksi padatan dengan ukuran  padatan sesuai dengan ukuran lubang ayakan. Pengayakan biasanya dilakukan dalam keadaan kering untuk material kasar, dapat optimal sampai dengan ukuran 10 in (10 mesh). Sedangkan pengayakan dalam keadaan basah biasanya untuk material yang halus mulai dari ukuran 20 in sampai dengan ukuran 35 in. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »