Memilih Flow Meter

Flow Meter Adalah alat ukur kecepatan aliran, Di penjelasan kami seblumnya ada beberapa jenis flow meter, lantas bagaimana cara memilih flow meter yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Cara memilih jenis flow meter harus mengetahui karakteristik dari fluida yang akan diukur oleh flow meter, karakteristik  mulai dari tingkat corosive fluida dimana untuk fluida yang tingkat keasamannya tinggi mungkin lebih cocok jika menggunakan  flow meter dari bahan PVC / non logam.

memilih flow meter

Dari hasil penelitian kesalahan terbesar dari pembeli flow meter dan alat instrument lainya ada dua sebab yaitu pembeli tidak mengerti dan memahami bahkan kesulitan merumuskan spesifikasi alat instrument yang akan di beli. Penyebab kedua adalah para penjual  yang dasarnya hanya jualan maunya flow meter yang tersedia atau ready stock segera terjual. Karena itu bisa berakibat fatal sehingga akurasi flow meter tidak tercapai, manfaat tambahan tidak ada.

Ada banyak jenis flow meter yang digunakan industri yaitu electromagnetic flow meter, ultrasonic flow meter,  coriolis mass flow meter dan lainya. Dan dari segi aplikasi banyak digolongkan seperti water meter, fuel meter, solar meter, flow meter air, lumpur, limbah, air laut, air sumur dan sebagainya. Ada juga berdasarkan  cara instalasi seperti flow meter clamp on, flow meter portable, flow meter in line, flow meter insertion dan open channel flow meter.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »