Fungsi Flow Meter

Dalam kegunaan utama alat ukur flow meter untuk mengukur kecepatan aliran cairan, gas atu bubuk yang berada di dalam aliran pipa atau semacamnya. Namun dalam aplikasinya ada beberapa fungsi flow meter yaitu :

1. Flow meter untuk mengukur kecepatan dari aliran suatu cairan, besaran debit atau flow rate dari suatu cairan serta total volume dari suatu cairan setelah waktu tertentu.

2. Untuk memantau dan mengetahui aliran udara dan lainya Flow meter bisa digunakan sebagai acuan besar kecilnya kebutuhan udara atau air dengann menyetel valve sehingga mesin yang membutuhkan udara lebih kecil bisa di sesuaiakan alirannya dan begitu juga sebaliknya. Sehingga tidak ada lagi kekuranagan udara atau air untuk mesin2 yang membutuhkan lebih banyak.

3. Untuk melakukan efektifitas pengecekan performa mesin,  flow meter sering digunakan di perusahaan manufacture, untuk mengukur kapasitas dan performa pompa, compressor dan cooling system. Sehingga kerusakan mesin yang lebih besar, bisa di ketahui sedini mungkin karena adanya ketidak beresan mesin. Sehingga break down machine bisa di hindari dengan melakukan perawatan sesuai schedule, beradasarkan analisa hasil pengukuran sitem pendinginan atau lainya dengan menggunakan flow meter yang portable.
4. Flow meter bisa digunakan sebagai acuan besar kecilnya kebutuhan udara atau air dengan menyetel valve sehingga mesin yang membutuhkan udara lebih kecil bisa di sesuaiakan alirannya dan begitu juga sebaliknya. Sehingga tidak ada lagi kekuranagan udara atau air untuk mesin-mesin yang membutuhkan lebih banyak.
5. Flow meter bisa di aplikasikan untuk mendapatkan kualitas hasil produksi yang konsisten dengan mengaplikasikan pada batching system. Di banyak pabrik makanan flow meter bisa digunakan untuk mengkur volume cairan guna mixing cairan yang berbeda sehingga kwalitas mixing bisa terjaga konsistenya.
6. Pada proses pengolahan limbah flow meter mempunyai fungsi yang sangat vital baik digunakan untuk mengukur hasil proses maupun guna mendapatkan optimalisasi penggunaan bahan kimia seperti penggunaan koagulan maupun flokulan sehingga besaran biaya proses pengolahan limbah bisa dipantau.
Fungsi Flow Meter

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »