Mengenal Sifat - Sifat Material

Secara garis besar material mempunyai sifat-sifat yang mencirikannya, pada bidang teknik mesin umumnya sifat tersebut dibagi menjadi tiga sifat. Sifat–ifat material itu akan mendasari dalam pemilihan material, sifat tersebut yaitu : 






Sifat mekanik material, merupakan salah satu faktor yang terpenting yang mendasari pemilihan bahan dalam suatu perancangan. Sifat mekanik dapat diartikan sebagai perilaku material terhadap pembebanan yang diberikan, dapat berupa gaya, torsi atau gabungan keduanya. Dalam prakteknya pembebanan pada material terbagi dua yaitu beban statik dan beban dinamik. Perbedaan antara keduanya hanya pada fungsi waktu dimana beban statik tidak dipengaruhi oleh fungsi waktu sedangkan beban dinamik dipengaruhi oleh  fungsi waktu. Untuk mendapatkan sifat mekanik material, biasanya dilakukan pengujian mekanik. Pengujian mekanik pada dasarnya bersifat merusak  (destructive test), dari pengujian tersebut akan dihasilkan data yang mencirikan keadaan dari material tersebut. Jika Anda ingin mengetahui lebih tentang sifat mekanik silahkan klik disini atau jika anda membutuhkan alatnya seperti dibawah ini silahkan menghubungi kontak yang sudah tersedia.



sifat mekanik








Sifat penting yang kedua dalam pemilihan material adalah sifat fisik. Sifat fisik merupakan suatu sifat material yang bukan disebabkan oleh pembebanan seperti pengaruh pemanasan, pendinginan dan pengaruh arus listrik yang lebih mengarah pada struktur material. Sifat fisik material antara lain : temperatur cair, konduktivitas panas dan panas spesifik. Jika Anda ingin mengetahui lebih tentang sifat fisik silahkan klik disini atau jika anda membutuhkan alatnya seperti dibawah ini silahkan menghubungi kontak yang sudah tersedia.

Sifat fisik

          
Selanjutnya sifat yang sangat berperan dalam pemilihan material adalah sifat teknologi yaitu kemampuan material untuk dibentuk atau diproses. Produk dengan kekuatan tinggi dapat dibuat dibuat dengan proses pembentukan, misalnya dengan pengerolan atau  penempaan. Produk dengan bentuk yang rumit dapat dibuat dengan proses pengecoran. Sifat-sifat teknologi diantaranya sifat mampu las, sifat mampu cor, sifat mampu mesin dan sifat mampu bentuk. Jika Anda ingin mengetahui lebih tentang sifat teknologi silahkan klik disini atau jika anda membutuhkan alatnya seperti dibawah ini silahkan menghubungi kontak yang sudah tersedia.

sifat teknologi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »