Aplikasi Thermal Imager Di Berbagai Bidang Industri

Aplikasi Thermal Imager Di Berbagai Bidang Industri
Penggunaan thermal imager telah meningkat secara signifikan. Hal ini terjadi karena thermal imager mampu medeteksi lingkungan sekitar dengan maksimal dan dengan fungsi yang maksimal para pengguna dapat memprediksi atau mengetahui kondisi lingkungan sekitar lebih awal karena dengan mendeteksi lingkungan lebih awal dapat mengurangi kerusakan yang tidak di inginkan. Sudah banyak para teknisi yang telah menggunakan teknologi ini untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada lingkungan sekitar seperti pada panel control ataupun mesin-mesin di industri lainnya. 

Kegunaan lain thermal imager meliputi, seperti pada aplikasi pemadam kebakaran yaitu dapat dengan mudah menemukan manusia yang terjebak dalam suatu gedung yang terbakar karena adanya tingkat perbedaan suhu pada manusia dan api dengan menggunakan alat ini dapat mudah mengetahui karena dengan perbedaan inspeksi suhu yang ditemukan dalam alat tersebut. Dengan thermal imager, teknisi pemeliharaan listrik dapat menemukan overheating sendi dan bagian, menjelaskan tanda-tanda kerusakan guna mengurangi potensi bahaya. 

Ketika isolasi termal menjadi rusak, teknisi konstruksi bangunan dapat melihat tanda termal panas yang mengindikasikan kebocoran dan untuk meningkatkan efisiensi pendinginan atau pemanasan AC. Kamer thermal imaging juga dipasang di beberapa mobil mewah untuk membantu pengemudi, Beberapa kegiatan fisiologis, terutama tanggapan, dalam diri manusia dan hewan berdarah panas juga dapat dimonitor dengan pencitraan termografi.


aplikasi thermal imager
Contoh lain adalah inspeksi jembatan beton. Seperti banyak dari kita tahu, beton dapat mengembangkan delaminations, yang dapat mengakibatkan lubang. Ketika sebuah lubang melebar, biasanya ban dan roda anda “cari” lubang dan akhir anda akan membawanya ke bengkel dengan biaya yang cukup menguras kantong. Bukankah lebih baik jika kita bisa menemukan solusi ini sebelum menyebabkan masalah? Sehingga dengan mudah kita bisa menggunakan energi matahari sebagai media pemanas, dan tampilannya dengan kamera inframerah, telah ditemukan bahwa di bawah permukaan delaminations memiliki efek pemanasan yang berbeda dari suara bagian dari struktur geladak, sehingga kamera dapat melihatnya. Contoh ini menunjukkan bahwa meskipun dek jembatan tidak menghasilkan panas yang masih dapat dianalisis dengan Termografi.


aplikasi thermal imager jembatan
Artikel Terkait : Alat Inspeksi Thermal Imager
Artikel Terkait : Beberapa Temuan Dengan Menggunakan Thermal Imager
Artikel Terkait : Perbedaan Infrared Thermometer dengan Thermal Imaging


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »