Beberapa Temuan Dengan Menggunakan Thermal Imager

Beberapa Temuan yang Hanya Dapat Ditemui dengan Thermal Imager
Dengan melakukan infrared imaging, para teknisi dapat mendeteksi potensi  masalah yang tidak nampak dengan mata manusia dan dapat mengkonfirmasinya. Thermal imaging dapat menangkap gambar tersebut dan  kemudian membuat laporan dokumentasi dari temuan mereka. Berikut ini adalah beberapa temuan inspeksi suhu yang hanya dapat diketahui dengan mengunakan Thermal Imager:

aplikasi thermal imaging
  1. Semua benda mengandung energi panas dan berinteraksi secara termal (panas) dengan lingkungan. Thermografi adalah alat yang memungkinkan untuk melihat dan mengukur panas. Semua bahan di bumi memancarkan energi panas pada bagian inframerah dari spektrum. Sayangnya, mata manusia tidak bisa melihat dibagian inframerah dari spektrum. Thermographic, atau gambar termal (thermai images) memungkinkan pengguna untuk melihat gambar termal, memperlihatkan anomali yang mengidentifikasi masalah di gedung, komponen listrik, mekanik, pipa dan system waterproofing. 
  2. Bagaimana memandang energi panas, Ketika sebuah benda memiliki suhu lebih tinggi dari tangan, dapat dikatakan bahwa benda tersebut terasa hangat atau panas. Panas mengalir dari objek ke tangan. Demikian juga ketika suatu objek dingin.
  3. Bagaimana dapat mengukur energi panas, Kamera inframerah menghasilkan gambar video real time energi panas ini pada suhu yang jauh lebih rendah dari yang Anda dapat lihat. Kamera inframerah mendeteksi radiasi panas dari permukaan, berdasarkan suhu permukaan, emisivitas, dan radiasi panas yang tercermin dari sekitarnya. Mengukur dan menghasilkan gambar dari semua radiasi inframerah yang diterima dari suatu objek. Radiasi infra merah merupakan fungsi dari suhu permukaan objek dan ini memungkinkan kamera untuk menghitung dan menampilkan suhu ini. 
  4. Aliran Energi Panas, Ada beberapa cara panas dapat mengalir, salah satunya bergerak mirip dengan energi cahaya. Ini disebut radiasi panas atau inframerah. Sebagai contoh, apa yang kita ketahui adalah panas yang kita rasakan saat berada di depan api. Energi panas ini mengalir oleh gelombang elektromagnetik yang mirip dengan cahaya yang kita lihat. Ketika benda sangat panas manusia bisa melihat berapa banyak energi yang dipancarkan, dan tentu manusia bisa merasakannya. Ketika benda menjadi lebih dingin, manusia masih bisa merasakannya tapi manusia tidak bisa melihatnya. 
  5. Menggunakan Thermal Imaging untuk mendeteksi kelembaban (moisture): Kelebaban dalam bahan bangunan dapat menghancurkan kekuatan struktural dan mengakibatkan gedung jadi berjamur. Langkah pertama dalam masalah mengatasi masalah kelembaban adalah dengan menemukan dan menghapus semua sumber kelembaban secara cepat dan akurat. Kamera IR dapat langsung menemukan sumber utama dengan sedikit atau tanpa pembongkaran fisik dan tanpa gangguan terhadap penghuni kantor.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »