Alat Uji Kekerasan Vickers

Alat uji kekerasan vickers atau yang juga dikenal sebagi Diamond Pyramid Hardness Test. Uji kekerasan vickers menggunakan menggunakan piramida intan dengan sudut puncak piramida mencapai 136 derajat. Pada metode pengujian vickers menggunakan pembebnan yang relatif sangat kecil yaitu 1kg - 120kg bahkan untuk pengujian microstructur ditentukan dengan beban 10g - 1000g, Sehinggan pengujian vickers sangat cocok pada material yang keras dan tipis,  sedangkan untuk bahan yang lunak dan tidak homogen seperti besi tuang (cast Iron) Vickers tidak sesuai untuk digunakan.
metode Pengujian Vickers

Kelebihan  pengujian Vickers
1. Skala kekerasan yang continue untuk rentang yang luas, dari yang sangat lunak dengan nilai 5 maupun yang sangat keras dengan nilai 1500 karena indentor intan yang sangat keras.
2. Dianjurkan untuk pengujian material yang sudah di proses case hardening, dan proses pelapisan dengan logam lain yang lebih keras.
3. Dapat dilakukan pada benda benda pada ketipisan 0,006 inchi.

Kelemahan pengujian Vickers
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menentukan nilai kekerasan sehingga jarang dipakai untuk kebutuhan rutin. 


Pengujian kekerasan benda khususnya logam sangat diperlukan dalam dunia industri/manufaktur. Meskipun masing masing metode pengujian kekerasan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan sehingga mendapatkan hasil material yang berkualitas.

Artikel Terkait : Alat Uji Kekerasan Brinell
Artikel Terkait : Alat Uji Kekerasan Rockwell
Artikel Terkait : Alat Uji Kekerasan Logam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »