Alat Inspeksi Borescope

Alat inpeksi Borescope adalah perangkat optik yang terdiri dari tabung kaku atau fleksibel, yang dilengkapi dengan lensa mata pada salah satu ujungnya dan juga mempunyai lensa obyektif di sisi lain dihubungkan oleh sistem optik relay. Sistem optik biasanya dikelilingi oleh sert optik untuk penerangan dari remote objek, yaitu sebuah gambar internal dari objek diterangi dibentuk oleh lensa objektif dan diperbesar oleh lensa mata.
alat inspeksi Borescope
Fungsi borescope untuk melakukan sebuah inspeksi pada sebuah mesin, untuk meriksa mesin pada bagian dalam, apakah ada kecacatan atau tidak pada mesin tersebut. Alat inspeksi ini dapat menghasilkan sesuai dengan bentuk visual mesin (kenyataan mesin tersebut) karena alat inspeksi ini bisa dapat mengambil gambar sesuai keadaan dalam mesin tersebut dan bisa juga dalam bentuk video yang ditampilkan, Borescope digunakan pada area tidak dapat dijangkau oleh manusia.


Aplikasi borescope
Borescope biasanya digunakan dalam inspeksi visual dari mesin pesawat, aeroderivative turbin gas industri, turbin, uap, mesin diesel dan mesin otomotif. Gas dan uap turbin memerlukan perhatian khusus karena keselamatan dan persyaratan pemeliharaan. dengan dilakukan inspeksi menggunakan alat borescope dapat mencegah perawatan yang tidak perlu sering terjadi pada lingkungan kerja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »