Alat Uji Kekasaran Permukaan

Alat uji kekasaran permmukaan (Surface roughness tester) adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur permukaan pada sebuah specimen (benda) baik tingkat kekasaran ataupun tingkat kehalusan permukaan. Alat ini mengukur sangat rinci hingga pada satuan mikronmeter (um). Kenapa permukaan pada sebuah specimen atau mesin perlu di ketahui ukuran permukaannya ???
Tentunya kalau pada sebuah specimen kalau nilai permukaanya tidak masuk sesuai dengan kriteria nilai acuan maka akan dikatakan specimen tersebut NG ataupun NG+ hal ini perlu diperbaiki lagi dalam proses produksi ataupun dalam riset yang diperlukan. Kalau pada sebuah mesin yaitu dapat diketahui jika ada goresan goresan kecil, karena hal tersebut dapat mempengaruhi produk yang dihasilkan bisa dikatakan tidak sesuai dengan kualitas suatu produk.

surface roughness tester
Surface Roughness Tester


Gambar di atas adalah beberapa aplikasi pada pemakaian surface roughness tester. Dalam dunia industri alat ini sangat berfungsi dalam menentukan specimen tersebut dapat dikatakan "OK", kalau saja dari specimen tersebut tidak "OK" maka periksalah mesin proses produksi Anda untuk memastikan ada yang tidak bagus dalam bagian-bagian mesin tersebut.

Artikel Terkait : Cara Menggunaka Surface Roughness Tester
Artikel Terkait : Pengukuran Kekasaran Permukaan  
Artikel Terkait : Menguji Getaran Pada Mesin Industri

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »