Alat Pengujian Beton

Dalam pengujian beton diperlukan beberapa alat menguji beton untuk menentukan kualitas beton. berikut ini adalah alat uji yang digunakan dalam pengujian beton :

1. Rebar locator

Rebar locator adalah suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi posisi tulangan baja (besi coran) dalam pembuatann beton, pada alat ini umumny dapat memiliki 3 fungsi yaitu mendeteksi tulangan baja, diameter tulangan baja dan ketebala lapisan (cover) beton ke tulangan baja. Untuk alat ini fungsi yang paling akurat adalah untuk mendeteksi posisi tulangan baja dan lapisan beton ke tulangan bja karena sesuai dengan nama alat tersebut. Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang alat rebar locator silakan klik disini.

rebar locator
Rebar locator
2 Crack Depth Gauge

Crack Depth Gauge adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur  retakan, seperti keretakan kedalaman beton yang disertai dengan lebar keretakan pada beton. Dalam beberapa bidang alat ini juga berfungsi untuk mendeteksi cacat pada beton tersebut. Yaitu dengan menggunakan sensor ultrasonick, dengan menerapkan teknologi ini ketelitian pada pengukuran dapat ditampilkan secara lebih lengkap. Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang alat Crack Depth Gauge silakan klik disini.

Crack Depth Gauge
Crack Depth Gauge
3. Rebar Corrosion Detector

Korosi pada rebar dalam beton dapat mengurangi luas efektif rabar, menyebabkan ekspansi dan fraktur beton serta penurunan kekutan cengkram, kapasitas rebar dan beton batalan, karena ketika sudah mengetahui kualitas tersebut dapat mengetahui keamanan dan daya tahan dari rebar beton tersebut. Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang alat Rebar Corrosion Detector silakan klik disini.

Rebar Corrosion Detector
Rebar Corrosion Detector

4. Concrete Test Hammer

Concrete test hammer adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur kekerasan pada beton. Cara kerja alat ini adalah dengan rebound (pantulan) palu (hammer) yang digunakan dalam alat terebut. Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang alat Concrete Test Hammer silakan klik disini.

Concrete Test Hammer


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »